Merangkum mengandung arti mengambil inti karangan. Jenis ini dilakukan dengan cara mengambil inti/pokok-pokok informasi dalam karangan, lalu menyusunnya kembali menjadi lebih pendek dengan kata-kata dan kalimat yang dirangkai sendiri oleh penyusunnya. Berikut ini langkah-langkah merangkum:
1. bacalah teks yang mau dirangkum
2. catatlah okok-pokok informasi
3. urutkan pokok informasi tersebut secara berurut
4. ungkapkan pokok informasi tersebut dalam bentuk kalimat
5. gunakan kaliat uang benar dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
6. gunakan kata-kata penghubung antarkalimat

Contoh langkah merangkum:
1. Membaca teks
Pembacaan teks biografi harus dilakukan dengan seksama agar kita dapat dengan cepat menemukan pokok-pokok infomasi di dalamnya.

2. Mencatat pokok-pokok informasi
Pencatatan ini dipengaruhi oleh tingkat detail infomasi yang dibutuhkan dan berbentuk bab. Jika bab terdiri atas sub-subbab, pencatatan informasi dilakukan terhadap pokok informasi pada setiap sub-bab. Jika tidak ada sub-bab, maka pokok informasi yang dicatat adalah ide pokok setiap paragraf.

3. Mengurutkan pokok informasi secara berurut
Pokok-pokok informasi harus diurutkan secara urut sesuai dengan kronologinya. Pengurutan berdasarkan kronologi harus dilakukan karena biografi mirip dengan narasi, cerita yang disusun berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa.

4. Mengungkapkan pokok informasi dalam bentuk kalimat
Setelah pokok-pokok informasi diperoleh, kita harus menyusunnya dalam kalimat atau paragraf untuk dilaporkan. Agar penulisan kalimat atau paragraf tersebut mudah dipahami, diperlukan kata penghubung antarkalimat untuk merangkaikan ide-ide di dalamnya.