Jika membaca buku-buku atau hasil penelitian, kemungkinan besar kita akan emenemukan tabel atau grafik. Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia, tabel diartikan sebagai daftar berisi ikhtisar sejumlah fakta informasi yang biasanya hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Sedangkan grafik merupakan lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar ( tentang turun naiknya hasil, statistik dan sebagainya ).
Membaca tabel atau grafik dapar dilakukan dengan membaca cepat, teknik scanning. Teknik scanning adalah teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang telah ditentukan pembaca sebelum kegiatan membaca dilakukan.
Pembaca dapat menentukan informasi atau kata yang akan dicari dalam bacaan sehingga tak perlu membaca bagia lain dari teks bacaan. Informasi atau kata yang ditentukan sebelumnya tersebut dapat berupa nomor telepon, makna kata dalam kamus, entri pada indeks, angka-angka statistik, atau informasi tertentu dalam daftar.
Teknik itu dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut:
1. tentukan informasi yang akan dicari dari tabel atau grafik.
2. arahkan pandangan mata keseluruh bagian tabel atau grafik dari atas ke bawah dan dari kiri                 ke kanan.
3. carilah data pada tabel atau grafik yang ingin dicari.
4. jika sudah ditemukan, hentikan tatapan mata pada data tersebut.
5. baca dan pahami data tersebut dengan seksama untuk memperoleh informasinya.